Business Plan
Business Plan
Rencana bisnis adalah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, serta alasan mengapa pendirinya yakin bahwa tujuan tersebut dapat dicapai, serta strategi atau rencana-rencana apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana bisnis juga dapat mengandung informasi tentang latar belakang organisasi atau tim yang bertanggung jawab memenuhi tujuan itu.Tanpa perencanaan bisnis (business plan) yang benar, kamu bisa kesulitan dalam mengembangkan sebuah bisnis.Business plan juga merupakan peta jalan yang memberikan arah sehingga kamu dapat merencanakan masa depan bisnis kamu dengan matang dan membantu menghindari guncangan saat kamu sedang mengerjakan sebuah bisnis.
Berikut 5 manfaat jika membuat perencanaan bsinis dengan baik.
1. Tujuan bisnis menjadi lebih jelas
Manfaat yang pertama ketika kamu merencanakan business plan adalah untuk merancang strategi dan rencana awal bisnis kamu.Sebuah bisnis yang baru akan dirintis dan sedang dirintis tentu saja akan sulit berkembang jika dijalankan tanpa sebuah perencanaan yang jelas.Bagaimana awal harus memulai bisnis, bagaimana bisnis ini akan berjalan nantinya serta bagaimana caranya agar bisnis ini tetap bertahan. Tentu hal itu harus kamu pikirkan matang dan terukur.Maka dengan menyusun sebuah rencana bisnis, kamu akan lebih terarah mencapai target yang ingin dicapai.
2. Prioritas kamu akan lebih masuk akal
Di dalam membuat business plan kamu belajar untuk menentukan prioritas terhadap bisnis kamu. Prioritas itu mencakup pertumbuhan perusahaan, kesehatan keuangan dan manajemen bisnis.Menerapkan prioritas ini memang sepele namun sangat penting, karena jika kamu berfokus kepada prioritas yang sudah kamu tetapkan sejak awal maka bisnis kamu akan lebih
3. Business plan akan meminimalisir resiko gagal
Dengan melakukan perencanaan tentu kamu sedang melakukan persiapan membangun dan menjalankan suatu bisnis dengan serius dan profesional.Saat membuat business plan, kamu menjadi tahu masalah apa yang akan kamu hadapi dan kamu bisa mempertimbangkan dampak dari setiap masalah tersebut serta mencari jalan keluar untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada.Hal itu tentunya meminimalisir resiko gagal dalam perjalanan bisnis yang begitu panjang.
4. Memprediksi masa depan
Dengan business plan yang matang kamu dapat memprediksi masa depan bisnismu. Tentu ketika kamu menyusun rencana bisnis, kamu akan membuat gambaran jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis kamu.Meski hal ini bersifat subyektif, namun tidak menutup kemungkinan prediksi kamu dapat direalisasikan. Tentu saja peramalan tersebut harus didukung dengan adanya riset atau survey yang dapat dituangkan dalam strategi.
5 Mencari sumber dana
Dengan memiliki business plan yang detail, maka kamu dapat mengetahui informasi yang akurat yang berhubungan dengan permodalan usaha.Hal ini dapat kamu gunakan sebagai media untuk mendapatkan investor/penanam modal yang bersedia untuk membantu kamu di dalam pengembangan bisnis kamu.Rancangan yang informatif dan detil akan membuat calon investor memiliki gambaran yang jelas akan usaha kamu. Terlebih jika kamu mampu meyakinkannya untuk bekerja sama dengan kamu.Karena itu jangan pernah melewatkan pembuatan business plan ketika kamu berniat untuk memulai sebuah usaha.Dengan memiliki prediksi, maka kamu akan lebih siap dalam menghadapi berbagai perubahan dan hambatan serta sudah mempersiapkan strategi yang matang untuk mengatasinya.
Prinsip-prinsip dasar inilah yang biasa dimiliki oleh bisnis-bisnis sukses, baik dalam hal meraih pelanggan, memenangkan persaingan dan meroketkan omset penjualan :
1. Membuat Orang Menjadi ‘Lebih Mudah’
Terkadang, bukan seberapa bagus dan menarik produk dan jasa anda, namun apakah produk anda membuat konsumen anda menjadi lebih mudah dalam berbagai hal. Lebih mudah disini terutama dalam menjalankan kehidupan mereka masing-masing. Misalkan, sebut saja Ojek online, mereka membuat pemesanan ojek yang tadinya kita harus datang ke pangkalan ojek, menawar harga, kemudian baru bisa mendapatkan ojek, sekarang anda bisa sangat dimudahkan, tidak perlu capek-capek mencari, bahkan anda dijemput langsung ke tempat anda berada. Tak sampai situ saja, pernahkah anda bayangkan ojek bisa kita minta tolong untuk membeli makanan dan minuman tanpa kita harus ikut membonceng di belakangnya? Inilah yang membuat Ojek online bisa sukses merebut hati para konsumennya, apalagi jumlah market mereka yang sangat luas, sehingga bisa membantu banyak orang.Pertanyaannya bagaimana dengan produk anda?
2.Bisa “Lebih Murah” dibandingkan yang lain
Lebih murah sebenarnya adalah suatu keunggulan, namun keunggulan ini bagaikan pedang bermata dua. Mengapa demikian? Strategi berbisnis ini adalah strategi yang paling dasar, sehingga semua orang yang ingin bersaing secara naluri melakukan penurunan harga agar barang dagangannya cepat laku. Namun, bayangkan saja, bila semua orang melakukan itu, apa yang terjadi pada barang/ produk sejenis tersebut? Tentu harganya akan rusak dan keuntungan yang didapat juga semakin tipis. Oleh karena itu, sebagai pebisnis yang handal, anda harus bijak jika ingin menggunakan strategi ini. Sebaiknya, sebelum kita melakukan strategi ini, harus dibuat rencana yang matang, apalagi sudah menyangkut brand dan konsistensinya di pasar, karena sekali harga produk dan jasa anda turun, sulit untuk menaikkannya kembali. Secara teknis, sebenarnya anda jangan pernah melakukan penurunan harga produk atau jasa anda. Penurunan harga bisa memberikan efek barang anda tidak laku atau penurunan kualitas. Jika ingin menurunkannya, gunakan taktik promosi atau diskon pada jangka waktu tertentu dan beritahukan alasan kenapa ada promosi demikian.
3. Bisa “Lebih Cepat” dibandingkan yang lain
Kecepatan dalam beberapa bisnis merupakan sesuatu yang essensial. Dahulu, ketika pengiriman masih sangat sulit, sebuah jasa pengiriman barang di Amerika, menggaransi bahwa barang kiriman akan sampai besok. Ini memberikan keunggulan yang sangat baik dibandingkan dengan pelanggan lainnya.
Lebih cepat disini sebenarnya tidak harus dalam bentuk jasa pengiriman atau logistik. Jika anda memiliki toko retail, restaurant, bahkan salon sekalipun, anda bisa berikan pelayanan yang cepat dan memuaskan konsumen, sehingga mereka tidak harus menunggu lama. Cepat bukan berarti asal-asalan, namun memiliki kapasitas lebih untuk bisa melayani dengan lebih cepat, baik dengan menambah skill sumber daya manusianya, atau dengan menambah jumlah pegawai anda. Dengan begitu, pelayanan dalam bisnis anda akan menjadi lebih cepat dalam berbagai hal, dan itulah keunggulan anda yang membuat bisnis anda maju satu langkah daripada kompetitor anda.
4.Bisa membuat konsumen anda “lebih senang” saat menggunakan produk atau jasa anda
Mungkin begitu anda melihat poin no 4 ini, muncul beberapa tebakan di pikiran anda, tentang segala sesuatu yang membuat senang. Saya tidak tahu, apakah anda berpikir beberapa contohnya seperti mainan, game digital, olahraga, dsb. Ya, semua yang disebutkan itu memang betul, namun ternyata konsep ‘lebih senang’ ini bukan hanya dapat dilakukan terhadap produk dasar yang tujuannya untuk kesenangan saja.
Rencana bisnis merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana. Terdapat 6 komponen perencanaan usaha yang penting untuk perusahaan. Berikut penjelasan lengkapnya.
a. Membuat Deskripsi Bisnis
Deskripsi bisnis bertujuan untuk menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan dijalankan, beserta potensi produk dan kemungkinannya untuk bertahan dan berkembang di masa depan. Dalam deskripsi bisnis ini, diharapkan semua orang yang nantinya terlibat dalam bisnis, akan mengetahui potensi dan arah pengembangan dari bisnis tersebut.
b. Melakukan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan salah satu komponen bisnis yang penting. Strategi pemasaran yang akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar adalah kekuatan yang harus digunakan untuk menciptakan target pembeli. Dalam menuliskan strategi ini, Anda membutuhkan suatu analisa yang tepat sehingga dapat memanfaatkan kesempatan yang ada. Jenis analisa yang dapat digunakan misalnya adalah analisa SWOT. Dengan analisa ini, Anda dapat mengetahui keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi suatu produk sehingga dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat tanpa membuang waktu, tenaga dan biaya.
c. Membuat Analisa Pesaing
Analisa pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatan dan kelemahan dari produk pesaing, kemudian perusahaan dapat mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing.
d. Desain Pengembangan
Rencana desain dan pengembangan diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Selain berguna untuk mengetahui rencana usaha ke depan, desain pengembangan juga akan memengaruhi perencanaan pembiayaan usaha.
e. Rencana Operasional dan Manajemen
Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan, serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.
f. Menghitung Pembiayaan
Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Dari mana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien dan usaha dapat berjalan lancar adalah tugas penting yang harus direncanakan dalam komponen pembiayaan.
Beberapa dokumen keuangan yang dibutuhkan untuk menyusun faktor pembiayaan, antara lain laporan keuangan perencanaan, laporan arus kas perencanaan, laporan Neraca perencanaan, dan analisis pengembalian modal.
Komentar
Posting Komentar